KBB#55 Molten Cheese Lava (aka Hokkaido Baked Cheese Tart)

Tidak terasa sudah beberapa lama tidak mengupdate blog ini…lebih sering update di Instagram…agar lebih kekinian hehehe..

Anyways, dapet surtjin lageeeeee…Sebetulnya rada takut gagal membuat tart ini..wong mbikin pastry aja bisa dibilang hampir ga pernah..ya memang slalu ada hal yang pertama kali untuk dilakukan maksudnya first time for something..ya deg2an aja kalo gagal..beruntung bikin adonan pastrynya berhasil..memang agak ngeprul jd harus cetak satu2 dan bersabar saat masukkin ke tin cetakan. Kalo ada yang robek dikitttt aja harus diulangi lagi ngerollnya..cukup abisin waktu saat buat ini..jadinya 17 sajahhh..
Abis dicetak dipanggang..mungkin oven #signora saya lagi beradaptasi dengan tempat baru jadi tadi ngovennya aja bisa 20 menitan supaya ada browning sedikitttt di tartnya. Lanjut bikin adonan custard creamcheesenya..abis di saring tetep aja mrongkol (bhs opo ikiii) ya lanjut waee dispuitkan..oles2 kutel sm susu..oven lagi..arrrgghhh ga muluss…😥😥😥..sebel sebel sebell..lain x mo pake philadelphia cream cheese ajaa ah…kudu visit Jekardah lagiiii…di sini mboten wonten..tapi meskipun wajahe ora apik rasane enak lhooo…ya sok mben bikn lagii…btw untung ada sisa mascarpone..eksekusi kapan yaaaa

Berikut resep dari KBB ya:

BAKED MOLTEN CHEESE TART

Adapted from Dreamersloft (kalau ada waktu maen2 deh ke blognya (http://dreamersloft.blogspot.co.id/2016/10/hokkaido-bake-cheese-tart-iv.html)..sampe ada 4varian lohhh..resep cheese filling saya ga pake yang dari KBB ya..pake dari varian 4nya Dreamersloft)

Kulit Pie (saya bikin 1/2 resep sajaaaa, jadinya 17 pie dengan ukuran atas 7cm):
340g Terigu (saya pakai tepung kunci)
70g Gula halus (saya pakai gula kastor)
1/4 sdt garam
170g Mentega tawar dingin, potong2 kotak
4 kuning telur
1 sdt susu cair

Cheese Filling (ga pake yang ini..pake yang dibawah ini ya):
300g Cream Cheese
120g Mascarpone Cheese
40g Parmesan Cheese, parut halus
80g Mentega Tawar
60g Gula Pasir halus
100ml  Krim kental
60ml Yogurt plain
40ml Susu Evaporated
25g Maizena
2 Telur utuh
1 sdm jus lemon
1 sdt Vanilla Extract
1/2 sdt garam

Cheese Filling yang digunakan:
178g cream cheese (harusnya pake cream cheese yang tetap soft di suhu ruang..kemarin pake A*ch*r gumpal, ga alussss)
20g cheddar
10g parmesan
65g mascarpone (untung uda beli dulu di Jakarta hehehe)
25g unsalted butter + 1/4tsp garam
130g milk
39g gula kastor

Olesan:  1 kuning telur + 1 sdt susu

Cara membuat ala KBB:

1. Buat kulit pie: campur terigu, garam dan gula icing dlm wadah, tambahkan mentega dingin dan aduk dengan ujung jari hingga menyerupai pasir kasar.
2. Tambahkan kuning telur dan susu. Aduk dengan spatula hingga rata. lalu uleni ringan dengan tangan sampai membentuk adonan. Tutup dengan plastik dan masukkan kulkas sekitar 30 menit.
3. Buat cheese filling : Tim mentega, cream cheese , mascarpone dan parmesan serta gula pasir hingga larut.
4. Di wadah lain, campur susu, yogurt, krim dan maizena, aduk dengan whisk hingga tercampur rata
5.Setelah keju yg di tim larut , tambahkan campuran susu dan maizena tadi aduk hingga mengental. Tambahkan telur yg dikocok asal, jus lemon , vanilla dan garam. Aduk hingga agak kental jangan tunggu sampai terlalu kental
6. Saring adonan tersebut untuk membuang bila ada gumpalan. pindahkan ke kantong segitiga. sisihkan
7. Kembali ke kulit pie. Mulai cetak kulit pie ke dalam cetakan yg agak dalam agar bs terisi banyak filling. Tusuk2 dengan garpu . Panggang sekitar 15- 20 menit hingga kulit matang
8. Keluarkan dari oven. Diamkan sejenak hingga agak dingin, keluarkan dari cetakan lalu sisihkan
9. Setelah kulit pie dingin, semprot filling ke dlm kulit pie hingga selesai. Bila ada bagian lancip, tumpulkan dengan ujung jari yg di basahkan sedikit.
10. Masukkan kembali ke dalam kulkas sekitat 30 menit agar agak mengeras. Sementara itu panaskan oven untuk api atas
11. Keluarkan pie dari dalam kulkas dan semprot sedikit dengan air. Oleskan olesan telur perlahan. Panggang kembali selama 6 menit. Jangan tinggalkan oven. putar loyang agar hasil panggangan rata.

Pie bisa di sajikan dlm 3 stage:

Warm = Molten Filling
Room Temp = Soft Filling
Chilled = Firm Filling

Cara membuat ala saya:

1. Buat kulit pie: campur terigu, garam dan gula kastor dalam wadah. Aduk rata. Tambahkan mentega dingin dan aduk dengan ujung jari.
2. Tambahkan kuning telur. Aduk dengan scrapper hingga rata. Lalu uleni ringan dengan tangan sampai membentuk adonan. Adonan akan rapuh. Tambahkan susu, adonan menjadi lebih mudah dibentuk. Setelah diuleni, bentuk kotak, keluarkan dari wadah. Bentangkan clingwrap dan taruh adonan diatasnya. Tutup dan masukkan dalam kulkas selama kurleb 1 jam.
3. Setelah 1 jam, roll adonan dengan menggunakan rolling pin, sesuaikan dengan ukuran cetakan. Gunakan scrapper yang telah diberi tepung untuk mengangkat adonan yang sudah dicetak. Dengan perlahan masukkan adonan ke cetakan. Tusuk bagian bawah dengan garpu (supaya tidak menggelembung saat di oven). Panggang di suhu 180C (pakai kipas) selama 20 menit. Kulit pie akan sedikit berwarna coklat. Kalau masih translucent berarti belum matang ya. Diamkan sampai dingin sebelum dikeluarkan dari cetakan (bisa menggunakan tusuk sate untuk mengeluarkannya).

4. Buat cheese filling: Tim cream cheese, mentega, garam, susu dan gula kastor sampai leleh (ditim berarti menggunakan sistim bain marie ya. Panci ditaruh di atas saucepan yang lebih lebar yang berisikan air yang panas tapi tidak mendidih).
5. Setelah keju yg di tim larut , ayak maizena langsung ke dalam panci. Aduk hingga mengental. Tambahkan telur yg dikocok asal, jus lemon , vanilla. Aduk hingga agak kental jangan tunggu sampai terlalu kental (saya cicipi dan saya tambahkan sea salt di custardnya)
6. Saring adonan tersebut untuk membuang bila ada gumpalan. Diamkan sebentar, kemudian pindahkan ke kantong segitiga. Sisihkan
7. Panaskan oven ke 225C api atas bawah.
8. Semprot filling ke dlm kulit pie yang telah dingin hingga selesai. Agak sedikit munjung dibagian tengahnya ya.
9. Panggang selama 15 menit sampai atasnya berwarna emas, jangan sampai gosong ya.
10. Keluarkan dari oven dan diamkan hingga dingin. Lebih enak dimakan saat hangat.

Ini step2nya:

 

 

About deviani

Just plain simple me..trying to enjoy life as it goes... Full time job as sales...part timenya bikin kue...loves to experiment...and eat!
This entry was posted in Cheesecake, Experimental, Pie, Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment