Perjalanan mencari jawaban…abses payudara

Halo..sudah lama saya tidak menulis blog…memang dasarnya males sih. Lagian sejak ada IG jadi males update blog. Update ke fb aja kalo ga ada tombol otomatis juga adem2 aja tu fb.
Eniwei mau sedikit cerita mengenai perjalanan mencari jawaban mengenai penyakit medis saya, yang finally terdiagnosa sebagai abses payudara, efek dari mengASIhi.

Sekitar umur 2 tahunan anakku hanya menyusu di 1PD. Aku pikir proses nyapihnya lebih gampang donggg apalagi anakku menyusu sampai 3 tahun. Prinsipnya dulu adalah kalo anak udah siap pasti nyapih sendiri. PD yang tidak disusukan (kiri) memadat dengan sendirinya. Trus suatu hari melakukan SADARI (liat di mbah gugel ya caranya) kok berasa ada benjolan. Waduh…hari itu (akhir Juli 2017) disapih deh si bocah. Nyapihnya lancar lho..anakku ga cari2 hehehe…Eniwei langsung ke klinik laktasi. Aduhaii ternyata infeksi dan mengeluarkan nanah. Selama 5 hari dikeluarkan dengan cara pompa tangan sampai bening. Tapi benjolan masih ada.

Mulai mikir macem2 deh…jangan2 tumor..atau kanker..atau kelenjar..atau masititis..atau… Akhirnya memutuskan untuk ke RS swasta deket rumah. Disini perjalanan saya dimulai.

Dokter #1: dokter bedah umum, cewe, muka rada jutek. Diagnosanya mastitis setelah diperiksa dengan tangan. Harus di ops segera. Diinfo kalo mau pasti ya usg saja.
Dokter #2: dokter usg, cantik dan rapi. Halus kalo bicara. Dia membaca hasil usg dan menyatakan suspect galactogele..berhubungan dengan ASI. Disarankan minum antibiotik yang lebih cocok dan dirujuk ke dokter onkologi di RS H*r**na supaya diagnosa dapat ditegakkan.
Dokter #3: dokter onkologi, udah agak tua, irit bicara. Dipegang benjolannya trus disarankan untuk di biopsi aja takutnya benjolannya tumor. Karena efek melahirkan diatas 35tahun dan mengingat umur, katanya.

Makin deg2an aja deh..parnoooo tingkat tinggi. Bikin janji sama dokter Patologi. Sore itu juga dapet janji.

Dokter #4: cowo, lebih menenangkan, menjelaskan dengan melihat sikon. Akhirnya di biopsi jarum. Diambil di 2 titik kemudian di taruh di kaca, diberi solvent dll dll dan di lihat dengan mikroskop.Hasil PA cm beberapa menit setelah biopsi. Puji Tuhan hasilnya FAM (FibroAdenoma). Dijabarkan kalau kemungkinan adalah kelenjar susu ada yang rusak dan melebar ke kelenjar sehat lainnya. Sarannya diambil saja. Supaya pasti saya di minta bawa hasil biopsi ke dokter onkologi.

Beberapa hari kemudian balik ke dokter onkologi. Serasa disambar geledek, disuru angkat tumornya dan apabila di biopsi dinyatakan ganas harus diangkat seluruh PD kiri. Shock!!!! Kemudian saya cerita ke keluarga. Ngobrol sama dokternya papi saya yang di Jakarta, kirim hasil usg dan lab. Sarannya hanya ya ikutin aja saran dokter di Semarang. No way!!!!

Akhirnya diputuskan ke Singapura supaya lebih yakin.

Dokter #5: spesialis onkologi, cewe, ramah dan menenangkan. Beliau menyarankan usg lagi. Diagnosa awal biasanya hanya asi yang tersumbat. Siang itu juga usg. Hasilnya adalah ada 2 benjolan tapi didiamkan saja dan disuru kembali 4 bulan kemudian untuk memastikan benjolan tidak bertambah besar. Setiao abis mens diminta melakukan SADARI. Kemungkinan asinya masih ada jadi membuat benjolan. Besoknya saya ke klinik dokter dimana ayah saya pergi cek up.
Dokter #6: radiologis, cowo, kalemmmm banget. Di sana hanya membaca hasil usg. Disarankan sama untuk dipantau saja dan kembali diperiksakan Desember.

Dibulan Okt/Nov makin nyeri..makin dipencet makin sakit. Apalagi gendong anak 15kg yang maunya bersender di PD kiri. Januari 2018 setelah tahun baru kita berangkat lagi ke Singapura. Di usg lagi. Tidak ditemukan benjolan tetapi di PD kanan ada 1 yang masih kecil, belum signifikan. Sarannya cuma hamil lagi aja. Saya bilang kenapa nyerinya masih ada. Dijawabnya otot.

Baiklah lanjut saya minum obat yang membuat relaks otot. Tapi hanya beberapa hari saja karena keluhan tidak hilang juga. Akhirnya ke dokter di Semanggi, khusus ke Jakarta cuman untuk mastiin benda apa sih yang ada di dadaku. Dokternya tidak praktek jadi diganti oleh dokter lain…pasrah deh. Di dokter #7: cewe, spesialis rehab medik. Disuru fisio karena menurutnya adalah otot yg ketarik. Lanjutttt fisio 3 kali trus balik Semarang.

Di Semarang ke dokter #8 bilang lanjut fisio saja apabila tidak ada perubahan akan di usg. Karena abis mens ya sudah nunggu aja deh seminggu lagi.
Bela2in ke dokter lain di Semarang, yang katanya bisa ‘lihat’.
Dokter #9. Disuru operasi angkat semua. Shock sebesar2nya lagi. Dia bilang susah hamil kalo ada benjolan. Saya sudah pasrah saat itu. Entah kok penyakit ga ada solusinya. Akhirnya berpikir ya sudah minggu depan akan ke Jakarta, maunya ke dokter D*d*t di Rawamangun. Sudah bikin janji untuk hari Selasa. Niat awal ke Singapura dibatalkan. Saya tetap berdoa terus menerus untuk diberikan jawaban. St. Yudas Tadeus dan St. Agatha mendampingi.

Ya sudah dong…minggu itu niatnya mo long wiken ke Malang, main sama keluarga kakak saya sekalian kumpul sama papa mertua dan adik ipar. Tiket ke Surabaya sudah di tangan. Nah paginya, Kamis 15 Maret itu pulang dari gereja mau siap2 ke Surabaya, saya merasakan gatal di PD kiri dan memerah. Saya bilang ke suami, ke Sby ke dokter ya, minimal usg supaya bisa tau kapan mo di ops di Semarang. Suami nanya mau ke rs mana. Saya browse2 dan dapet info dari femal* d**ily. Memutuskan ke RS Onkologi Surabaya. Tidak lupa berdoa dan langsung berangkat. Sesampainya di rs, ditanya mau ke dokter mana. Jawab saya: terserah yang bisa bantu saya saja. Dikarenakan keluhan adalah di PD, disarankan ke Breast Surgeon Doctor. Beruntunggg banget antrian tidak lama. Untung juga papa mertua bisa temenin suami dan anak waktu nunggu. Lagi antri saya berdoa tak putus2. Saya sudah pasrah saat itu kalau memang sesuatu yg membahayakan ya sudahlah biarkan Tuhan tunjukkan jalan dan pasti akan diberikan yang terbaik. Saya lebih memilih diangkat tetapi saya hidup bersama suami dan anak saya. Saatnya tiba..
Dokter#10, cowo, sabar, bisa bahasa Inggris hehehe…langsung tumpah perasaan saya. Nangis sambil cerita hehe. Dokternya bilang kita lihat apakah #10 adalah lucky number. Beliau dengan sabar bilang mari saya periksa dahulu supaya dapat dipastikan benjolan itu apa. Saya acungin jempol karena dokternya berempati dengan apa yang saya alami. Pheww..finally found the doctor who can understand what I am going through. Anyways…lanjut di usg (lagiii) dan langsung bilang abses dibagian dekat puting. Tetapi yang dekat dada harus di usg lebih lanjut karena lebih keras. Diminta untuk usg mammae di kamar sebelahnya supaya lebih keliatan. Antri lagi sebentar kemudian bersama dokter usg dilihat ternyata memang infeksi yang lanjut ke abses. Diputuskan juga besok akan dilakukan debridement atau insisi dan drainase. Sempet nego sama dokter untuk dikasih antibiotik aja. Soalnya mo bawa anak ke Batu untuk jalan2 sama keluarga. Dokternya cuma bilang ya harus ada pengorbanan. So yes doc, you are indeed a party pooper. Tapi beneran deh akhirnya diputuskan besok paginya jam 830 akan dilakukan tindakan. Dijelaskan juga prosesnya bagaimana dan tanya jawab saya dijawab sangat detil dan kekhawatiran saya terjawabkan. Hasil sayatan ga ditutup dan akan dipasang selang supaya dapat dipastikan bener2 kering supaya tdk abses lagi. Awal2 ga boleh mandi hihi dan pastinya masih bisa hamil dan gendong anak yeayyy. Selesai priksa sudah jam 2 atau jam 3 sore. Anak udah kecapekan hehe…langsung berangkat ke Batu.

Besok paginya jam 4 sudah berangkat dari Batu ke RSOS. Mampir dulu ke gereja untuk doa (Santo Yudas Tadeus andalanku). Jam 7 sudah sampai di rs. Masuk ke lantai operasi di suruh tandatangan berkas2. Dianter adik ipar karena suami jaga anak huhuhu. Tidak lama kemudian pasang infus..isinya antibiotik. Lagi leyeh2 smp hampir tidur hehehe dokter anestesi dateng. Baik benerrr dan ga ada tampang serem2nya. Suster2nya juga sangat friendly. Jam 830 masuk ruang ops, cuma di sebelah kasur tempat saya berbaring hihi..Tiduran..diajak bercanda2 trus lewat deh. Bangun2 uda di kasur yang tadi di infus wkwkwk…nyeri tp kok nyerinya beda ama abses. Sadar jam 10. Minta adik ipar masuk..dan adik ipar blg dokternya td blg absesnya sdh di bersihkan dan dikirim ke lab untuk di analisa. Perlu 1 mimggu. Kemudian saya diobservasi sampai jam 12 trus buru2 minta di release hihi. Dikasih minum dulu trus tunggu maksiii. Yang lama mah selalu admin hehehe soalnya pake asuransi. Tidak lama setelah jam 12 boleh pulanggg..ganti baju sayangnya bawanya cuma kaos. Padahal lebih nyaman pake kemeja. No bra yup. Trus bawa breastfriend, sebuah selang yang berujung sebuah botol. Isinya adalah cairan yang mungkin keluar dr sayatan di PD. Diajarin cara catat ukuran cairan yang keluar. Sudah deh setelah itu ke kasir dan bayar. Biaya sekitar 17jt, one day care ya. Lanjut lagi ke Batu hehehe kangen anak sama misua. Nyampe sana ternyata anakku demam. Hadeuhhh…ya eniwei bersyukur ops lancar jadi bisa urus keluarga lagi. Bawa2 breastfriend ga nyaman banget. Klipnya kecil dan takut jatohhhh..kalo ketarik kan bisa lepas selangnya. Bener2 posisi senggol bacok..tidur sama anak aja merem melek mastiin ga diutak atik bagian kiri dada.

Hari Sabtu besoknya jam 11 kontrol untuk dibersihkan. Amboiii perih dan nyeri. Kemudian disuru balik lagi hari Minggu. Jam 8 hari Minggu di bersihin lagi. Dokternya blg bagus dan kalau tdk ada cairan lagi besok bisa d copot selangnya. Btw selangnya dijahit ke kulit yahhh..jadi kadang cekit2. Hari Senin pagi dilihat dan yeaaayyy copot selang. Saat benang di potong rasanya antara plong dan nyeri hehehe. Hari2 berikutnya cuma ganti kasa. No mandi2..tp saya tetep seka dan keramas. Bagian perut ke bawah tetap mandi hihi. Minggu depan kontrol lagi dan mudah2an hasil labnya bagus.

So siapapun yang menemukan benjolan, jangan bingung dulu. Menurut saya sih mending doa dulu. Saya buktinya diarahkan ke dokter dan penanganan yang tepat. Faith saya membuat segalanya lebih mudah untuk dijalani. Tanpa campur tangan Tuhan mungkin PD saya sudah di acak2. Puji Tuhan saya ditemukan oleh orang2 yang sangat baik. Mudah2an saya masih tetap bisa berbuat baik. Karma baik akan kembali. Selesai doa tetap ke dokter ya. Dokter di RS Onkologi di Surabaya sangat rekomended (RSOS). Friendly dan so pasti ga bikin kita tambah stress. At least find a doctor you are comfortable with. The one who can ease your mind and explain until your questions are answered.

Update: kontrol 27 Maret
Janjian ketemu dokter jam 9. Jam 8 sudah duduk manis di depan UGD. Mendekati jam 9 sudah dipanggil dan dibersihkan. Saat dokter datang diperiksa dan dinyatakan sudah bagus…boleh pulang yeayy…hasil labnya Puji Tuhan tidak ada apa2..hanya di minta kompres hangat pagi sore dan oles salep sampai salepnya habis (gentamycin). Kompres about 5 min saja cukup. Boleh mandi dan light workout. Kontrol lagi sebulan dari hari ini. See you in May!

Advertisements
Posted in Uncategorized | Leave a comment

KBB#55 Molten Cheese Lava (aka Hokkaido Baked Cheese Tart)

Tidak terasa sudah beberapa lama tidak mengupdate blog ini…lebih sering update di Instagram…agar lebih kekinian hehehe..

Anyways, dapet surtjin lageeeeee…Sebetulnya rada takut gagal membuat tart ini..wong mbikin pastry aja bisa dibilang hampir ga pernah..ya memang slalu ada hal yang pertama kali untuk dilakukan maksudnya first time for something..ya deg2an aja kalo gagal..beruntung bikin adonan pastrynya berhasil..memang agak ngeprul jd harus cetak satu2 dan bersabar saat masukkin ke tin cetakan. Kalo ada yang robek dikitttt aja harus diulangi lagi ngerollnya..cukup abisin waktu saat buat ini..jadinya 17 sajahhh..
Abis dicetak dipanggang..mungkin oven #signora saya lagi beradaptasi dengan tempat baru jadi tadi ngovennya aja bisa 20 menitan supaya ada browning sedikitttt di tartnya. Lanjut bikin adonan custard creamcheesenya..abis di saring tetep aja mrongkol (bhs opo ikiii) ya lanjut waee dispuitkan..oles2 kutel sm susu..oven lagi..arrrgghhh ga muluss…ūüė•ūüė•ūüė•..sebel sebel sebell..lain x mo pake philadelphia cream cheese ajaa ah…kudu visit Jekardah lagiiii…di sini mboten wonten..tapi meskipun wajahe ora apik rasane enak lhooo…ya sok mben bikn lagii…btw untung ada sisa mascarpone..eksekusi kapan yaaaa

Berikut resep dari KBB ya:

BAKED MOLTEN CHEESE TART

Adapted from Dreamersloft (kalau ada waktu maen2 deh ke blognya (http://dreamersloft.blogspot.co.id/2016/10/hokkaido-bake-cheese-tart-iv.html)..sampe ada 4varian lohhh..resep cheese filling saya ga pake yang dari KBB ya..pake dari varian 4nya Dreamersloft)

Kulit Pie (saya bikin 1/2 resep sajaaaa, jadinya 17 pie dengan ukuran atas 7cm):
340g Terigu (saya pakai tepung kunci)
70g Gula halus (saya pakai gula kastor)
1/4 sdt garam
170g Mentega tawar dingin, potong2 kotak
4 kuning telur
1 sdt susu cair

Cheese Filling (ga pake yang ini..pake yang dibawah ini ya):
300g Cream Cheese
120g Mascarpone Cheese
40g Parmesan Cheese, parut halus
80g Mentega Tawar
60g Gula Pasir halus
100ml  Krim kental
60ml Yogurt plain
40ml Susu Evaporated
25g Maizena
2 Telur utuh
1 sdm jus lemon
1 sdt Vanilla Extract
1/2 sdt garam

Cheese Filling yang digunakan:
178g cream cheese (harusnya pake cream cheese yang tetap soft di suhu ruang..kemarin pake A*ch*r gumpal, ga alussss)
20g cheddar
10g parmesan
65g mascarpone (untung uda beli dulu di Jakarta hehehe)
25g unsalted butter + 1/4tsp garam
130g milk
39g gula kastor

Olesan:  1 kuning telur + 1 sdt susu

Cara membuat ala KBB:

1. Buat kulit pie: campur terigu, garam dan gula icing dlm wadah, tambahkan mentega dingin dan aduk dengan ujung jari hingga menyerupai pasir kasar.
2. Tambahkan kuning telur dan susu. Aduk dengan spatula hingga rata. lalu uleni ringan dengan tangan sampai membentuk adonan. Tutup dengan plastik dan masukkan kulkas sekitar 30 menit.
3. Buat cheese filling : Tim mentega, cream cheese , mascarpone dan parmesan serta gula pasir hingga larut.
4. Di wadah lain, campur susu, yogurt, krim dan maizena, aduk dengan whisk hingga tercampur rata
5.Setelah keju yg di tim larut , tambahkan campuran susu dan maizena tadi aduk hingga mengental. Tambahkan telur yg dikocok asal, jus lemon , vanilla dan garam. Aduk hingga agak kental jangan tunggu sampai terlalu kental
6. Saring adonan tersebut untuk membuang bila ada gumpalan. pindahkan ke kantong segitiga. sisihkan
7. Kembali ke kulit pie. Mulai cetak kulit pie ke dalam cetakan yg agak dalam agar bs terisi banyak filling. Tusuk2 dengan garpu . Panggang sekitar 15- 20 menit hingga kulit matang
8. Keluarkan dari oven. Diamkan sejenak hingga agak dingin, keluarkan dari cetakan lalu sisihkan
9. Setelah kulit pie dingin, semprot filling ke dlm kulit pie hingga selesai. Bila ada bagian lancip, tumpulkan dengan ujung jari yg di basahkan sedikit.
10. Masukkan kembali ke dalam kulkas sekitat 30 menit agar agak mengeras. Sementara itu panaskan oven untuk api atas
11. Keluarkan pie dari dalam kulkas dan semprot sedikit dengan air. Oleskan olesan telur perlahan. Panggang kembali selama 6 menit. Jangan tinggalkan oven. putar loyang agar hasil panggangan rata.

Pie bisa di sajikan dlm 3 stage:

Warm = Molten Filling
Room Temp = Soft Filling
Chilled = Firm Filling

Cara membuat ala saya:

1. Buat kulit pie: campur terigu, garam dan gula kastor dalam wadah. Aduk rata. Tambahkan mentega dingin dan aduk dengan ujung jari.
2. Tambahkan kuning telur. Aduk dengan scrapper hingga rata. Lalu uleni ringan dengan tangan sampai membentuk adonan. Adonan akan rapuh. Tambahkan susu, adonan menjadi lebih mudah dibentuk. Setelah diuleni, bentuk kotak, keluarkan dari wadah. Bentangkan clingwrap dan taruh adonan diatasnya. Tutup dan masukkan dalam kulkas selama kurleb 1 jam.
3. Setelah 1 jam, roll adonan dengan menggunakan rolling pin, sesuaikan dengan ukuran cetakan. Gunakan scrapper yang telah diberi tepung untuk mengangkat adonan yang sudah dicetak. Dengan perlahan masukkan adonan ke cetakan. Tusuk bagian bawah dengan garpu (supaya tidak menggelembung saat di oven). Panggang di suhu 180C (pakai kipas) selama 20 menit. Kulit pie akan sedikit berwarna coklat. Kalau masih translucent berarti belum matang ya. Diamkan sampai dingin sebelum dikeluarkan dari cetakan (bisa menggunakan tusuk sate untuk mengeluarkannya).

4. Buat cheese filling: Tim cream cheese, mentega, garam, susu dan gula kastor sampai leleh (ditim berarti menggunakan sistim bain marie ya. Panci ditaruh di atas saucepan yang lebih lebar yang berisikan air yang panas tapi tidak mendidih).
5. Setelah keju yg di tim larut , ayak maizena langsung ke dalam panci. Aduk hingga mengental. Tambahkan telur yg dikocok asal, jus lemon , vanilla. Aduk hingga agak kental jangan tunggu sampai terlalu kental (saya cicipi dan saya tambahkan sea salt di custardnya)
6. Saring adonan tersebut untuk membuang bila ada gumpalan. Diamkan sebentar, kemudian pindahkan ke kantong segitiga. Sisihkan
7. Panaskan oven ke 225C api atas bawah.
8. Semprot filling ke dlm kulit pie yang telah dingin hingga selesai. Agak sedikit munjung dibagian tengahnya ya.
9. Panggang selama 15 menit sampai atasnya berwarna emas, jangan sampai gosong ya.
10. Keluarkan dari oven dan diamkan hingga dingin. Lebih enak dimakan saat hangat.

Ini step2nya:

 

 

Posted in Cheesecake, Experimental, Pie, Uncategorized | Leave a comment

KBB#53 – Sweet Birthday: Triple Chocolate Mousse Cake

Yeay…tantangan KBB kali ini adalah coklattttt…siapa yang tidak suka coklat? Aku sih lebih suka coklat yang coklat…ga terlalu ngefans sama coklat putih dan milk chocolate.

Dari dulu sebetulnya pengen coba bikin mousse…tapi kok kalo liat cara bikinnya bikin males duluan ya…ribet kayaknya…padahal klo makannya tinggal lep lep…cepet bener…

Mudah2an setelah resep ini aku lebih terpacu dengan mousse2an deh hehehe…

Ini ya resepnya:

Triple Chocolate Mousse Cake

Recipe by OMGChocolateDesserts.com

Bahan:

Cake

10 oz.             semisweet chocolate berkualitas tinggi, cincang (sekitar 285g)

4 bh                telur, suhu ruang (pisahkan kuning dan putihnya)

1/3 cup            gula pasir

¬ľ sdt ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬†garam

1 sdt                ekstrak vanili

¬Ĺ cup ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬†butter, softened pada suhu ruang

Lapisan Chocolate Mousse

10 oz.               semisweet chocolate berkualitas tinggi, cincang (sekitar 285g)

1 ¬Ĺ cups ¬† ¬† ¬† ¬†heavy whipping cream

1 sdt                unflavored gelatin

2 sdm              air dingin

Lapisan White Chocolate Mousse

7 oz.                white chocolate berkualitas tinggi, cincang (sekitar 200g)

1 ¬Ĺ cups ¬† ¬† ¬† heavy whipping cream

1 sdt                unflavored gelatin

1 sdm              air dingin

Langkah Kerja:

Cake:

  1. Panaskan oven 180o C. Olesi loyang bongkar pasang (springform) ukuran 9-10 inch dan lapisi bagian dasar loyang dengan parchment paper. Cake akan dipanggang dalam waterbath (au bain marie) agar bagian pinggir cake tidak kering (bungkus bagian luar loyang dengan 2 lapis aluminium foil dan tempatkan dalam panci besar yang telah berisi air panas).
  2. Lelehkan 10 oz. semisweet chocolate berkualitas tinggi pada panas rendah pada double boiler atau microwave.
  3. Tempatkan putih telur dalam mangkuk besar dan sepertiga bagian gula pasir, kocok dengan kecepatan rendah. Secara bertahap, tingkatkan kecepatan dan teruskan mengocok hingga fluffy, kemudian tambahkan sisa gula, garam dan vanili. Teruskan mengocok hingga semua gula larut dan berbentuk meringue mengkilap (hampir soft peak).
  4. Menggunakan whisk, campur mentega ke dalam cokelat leleh hingga tercampur, lalu tambahkan kuning telur. Tambahkan separuh bagian meringue ke dalam adonan coklat dan aduk perlahan, lalu tambahkan meringue yang tersisa dengan spatula (perlu diingat untuk juga mengaduk (fold) adonan yang tertinggal di dasar mangkuk).
  5. Tuang adonan ke dalam loyang, panggang 26-28 menit (hingga tes tusuk gigi menunjukkan bagian tengah kue matang).
  6. Keluarkan cake dari oven dan biarkan dingin ke suhu kamar, dinginkan di kulkas selama 1 jam (cake yang didinginkan akan mengkerut sedikit dan kehilangan beberapa volume). Keluarkan dari kulkas dan putar pisau di sekeliling loyang dan buka pengunci loyang untuk melepaskan cake dari loyang  springform. Letakkan cake dengan posisi terbalik pada piring saji. Lepaskan bagian dasar loyang dan parchment paper lalu pasangkan kembali cincin loyang di sekeliling cake untuk selanjutnya akan digunakan sebagai cetakan chocolate mousse.

 

Lapisan Chocolate Mousse:

  1. Letakkan 10 oz. semisweet chocolate berkualitas tinggi ke dalam mangkuk tahan panas.
  2. Dalam wadah kecil, lunakkan 1 sdt unflavored gelatin dengan 2 sdm air dingin. Sisihkan.
  3. Didihkan ¬Ĺ cup heavy whipping cream, tuang di atas coklat cincang, aduk perlahan hingga halus dan coklat meleleh menyeluruh. Jika cokelat tidak meleleh sepenuhnya, panaskan kembali campuran pada panas rendah, dan terus aduk hingga semuanya meleleh.
  4. Panaskan gelatin yang sudah lunak dengan api kecil, aduk untuk melarutkannya. Jika sudah tidak ada gumpalan, adukkan gelatin ke dalam cokelat leleh.
  5. Kocok 1 cup heavy whipping cream yang tersisa hingga soft peak. (JANGAN overwhip !!!)
  6. Adonan coklat harus bebas dari gumpalan dan suhu harus sekitar 80oF (untuk menghindari cokelat kaku. Jika terlalu panas, whipped cream akan meleleh).
  7. Tambahkan sekitar separuh dari whipped cream ke coklat dan kocok perlahan hingga semua tercampur, kemudian fold  whipping cream yang tersisa (pastikan juga mengaduk rata semua cokelat leleh di dasar mangkuk).
  8. Tuang mousse di atas cake yang didinginkan dengan ring, ratakan permukaannya dengan spatula. Tempatkan kembali cake ke kulkas.

 

Lapisan White Chocolate Mousse:

  1. Ulangi kembali langkah pembuatan lapisan chocolate mousse, menggunakan cokelat putih (hati-hati agar cokelat putih tidak terlalu panas saat dilelehkan, jika terlalu panas maka coklat akan terpisah dan tidak dapat digunakan).
  2. Tuang mousse cokelat putih ke atas lapisan chocolate mousse. Dinginkan kembali di kulkas selama minimal 4-5 jam (atau semalaman).
  3. Sebelum disajikan, putar pisau tipis di sekeliling loyang dan buka pengunci loyang.
  4. Hiasi kue dengan chocolate curls atau parutan coklat.
  5. Simpan di kulkas.
  6. Cake dapat difrozen hingga beberapa minggu.

Ini foto foto hasilnya:

Setelah cake dipanggang:

IMG_20160818_135744

Setelah dibalik..maap fotonya burem hehehe

IMG_20160818_153217

Setelah diberi coklat mousse yang pertama

IMG_20160818_160950

Setelah ditambah lapisan mousse yang kedua…

IMG_20160818_170534

Ini setelah didiamkan dikulkas semalaman dan didekor seadanya….rasanya yammmm….

Lulus donk!!!!

logo-lulus-kbb-53

 

Posted in Uncategorized | Leave a comment

KBB#52 Kue Sarang Semut (Caramel Cake ala Indonesia)

Another baking challenge this month. When I received the email, I was so excited. I never knew this cake existed. So I surfed the web, wanting to know more. There were so many recipes and mixed reviews were given, but 1 thing was for sure, I needed a chiffon cake pan for the recipe to work.

The recipe given in the challenge was (In Indonesian):

Logo KBB  # 52 - Kue Sarang Semut

KUE SARANG SEMUT (CARAMEL CAKE)

Resep/Recipe: Iis Zainal Abidin

Ini resep jadoel, pakai takaran cangkir gelas belimbing (vol ¬Ī 200 ml)

Bahan A/Ingredient A:

2 cangkir/cup         gula pasir, dibuat karamel (I used 225g granulated sugar made into caramel)

3 cangkir/cup        air, dimasak, kemudian dimasukkan ke dalam karamel. Dinginkan (I used 250ml hot water from the dispenser and added to the caramel. Let cool)

Bahan B/Ingredient B:

2 cangkir/cup         tepung terigu, ayak (I used 240g flour, and added the 2tsp of baking soda here)

Bahan C:

8 bh/pieces         telur/egg

2 sdm/tbsp         mentega/margarin, lelehkan/melted butter

2 sdt/tsp              soda kue/baking soda

¬Ĺ kaleng/can ¬† ¬†susu kental manis, campur dengan mentega/margarin cair (I used 4 sachets chocolate condensed milk and mixed with the melted butter. I had to reheat the mixture because the melted butter started to curdle. I took so longgg to re-make the caramel and the mixture had waited for too long)

Cara/Method:

  1. Kocok telur dengan whisk/whisk the egg
  2. Tambahkan campuran susu/add the milk mixture.
  3. Tambahkan cairan karamel/add the caramel.
  4. Masukkan tepung terigu dan soda kue/add the flour and baking soda.
  5. Tuang ke dalam loyang tulban yang sudah diolesi mentega/margarin dan tepung tipis-tipis/pour into chiffon baking pan greased with butter and coated with light flour.
  6. Panggang suhu 180oC selama 45 menit/baked at 180C for 45 minutes.

After I purchased the chiffon pan, I washed it and let it sit quietly in the corner. 2 weeks passed since that day. I had forgotten about the challenge. Well, I was busy taking care of my husband and my boy. My husband caught a very bad flu, then my boy got it too. Thank God, they are both recovering very well.

Anyways, I made it today. And boy did I get to a very good start. I burnt my caramel. (Curse #$%# curse %$#@). What is it with caramel??? I did not stir the sugar and yet it burned. So the second time I stirred and I stirred…and guess what..it worked…my husband helped to pour the hot water. He convinced me that the caramel will melt (I doubted him and gave him a little “what do you know” speech). Yet, he was right (haha…I was so sorrrryyyyyyyyy..I did apologized though).

Got the rest of the method done pretty quickly. Some flour was not whisked thoroughly. I used a spatula to kinda scrape the side, but after a minute or so, I decided what the heck..just put it in the oven and see the result without overthinking about it.

Du..du..du..waited…waited…ding ding…timer went off. Yes!! 45 minutes had gone by and I could smell the cake. Oh yeah…I put my oven thermometer wayyyy to close to the pan. The thermometer made a dent in the cake hehehe.

Got the cake out, let it cool for a while then I turned it upside down. Looked nice.

Sliced it open…took a few slices…took a few pictures…then caught my husband picking up slices after slices into his mouth…haha..glad you like it dear.

Here are the pictures (can’t really see the anthill, the pores..but it tasted good anyways):

NB: I am trypophobia.  Thank God, the cake did not look like a real anthill.

Logo lulus

Logo Lulus KBB 52 Kue Sarang Semut (Caramel Cake)

 

 

 

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Pineapple Cookies

On the first day of the holiday, I tested 3 shapes of pineapple cookies (aka nastar).

Nastar Gulung/Pineapple Rolls

  • so far the easiest to make
  • need to purchase the special rolling pin so that the lines on the rolls are even and neat
  • does not keep for more than a week since it is open faced rolls
  • the usual egg wash recipe I used did not look good on these rolls. Must try other egg wash recipe.

Nastar Daun/Leaf shaped Pineapple Rolls

  • more time consuming than the above
  • the pinch I was using was not of good quality –> must find better tools
  • even with the same weight of dough, the end result varies in sizes.
  • better looking rolls with egg wash

Nastar Keranjang/Pineapple cookies in basket shape

  • OMG this is the most time consuming to make
  • inconsistent amount of jam –> some look full, some look half full
  • the usual egg wash recipe I used did not look good on these baskets. Must try other egg wash recipe.

Overall, I like the ball shaped better, maybe because I am so used to making them that way. Anyways, a good variation is always good.

Nastar Gulung Nastar daun Baked nastar daun Nastar keranjang nastar keranjang out of the basket arranged nastar daun stacked baked nastar gulung

 

Posted in Cookies, Experimental | Tagged , , , , , | Leave a comment

Cookies for Eid’l Fitr

It’s that time of the year. Baked the cookies within 2 weeks.

Ananas tart, kaastengels, putri salju, cashew filled date covered with chocolate and lidah kucing.

Will be delivered to Jekardaaaaahhh next week.IMG_20160614_170910

 

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Chocolate Cinnamon Roll

IMG_20160613_144505.jpgIn the midst of my baking series, I had this craving for Chocolate Cinnamon Roll. Went to the web and search for the easiest recipe haha. I used my reliable kenwood breadmaker to ferment the dough. Spread the melted butter, added the sugar and cinnamon anddddd was very generous on the raisins and choco chips.

The result was very sofffttt rolls…didn’t last long..gone..just like that…

Well it was good while it lasted!

Posted in Bread, Rolls, Uncategorized | Leave a comment